Minggu, 02 Februari 2020

RPP satu lembar

RPP satu halaman/lembar yang dinanti


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menggegerkan praktisi pendidikan. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan implementasi dari 4 pokok kebijakan "Merdeka Belajar".Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)menjadi komponen penting dalam perangkat pembelajaran guru.Guru wajib menyusun RPP agar pembelajaran lebih terarah dalam mencapai tujuan sesuai indikator yang dikembangkan.
Secara khusus, RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan pembelajaran agar mencapai Kompetensi Dasar secara efektif.Kebijakan baru terkait penyusunan RPP telah dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.
Kebijakan baru tersebut berupa penyederhanaan RPP, dengan mempertimbangkan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak banyak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif artinya penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Melalui Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) , yang beredar di media sosial Pendidikan,   bahwa :
  • Penyusunan RPP dilakukan dengan prinsip efesien, efektif dan berorientasi pada murid.
  • Bahwa dari 13 komponen RPP yang telah diatur dalam   permendikbud noor 22 Tahun  2016  tentang standar proses  Pendidikan dasar dan menengah, yang menjadi komponen inti adalah Tujuan Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajran dan penilaian pembelajaran yang wajib dilaksanakan oleh guru sedangkan komponene lainnya adalah pelengkap
  • Sekolah, kelompok kerja guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok kerja guru/Musyawarah guru mata pelajaran(KKG/MGMP) dan inndividu guru secar bebas dapat memilih, membuat menggnakan dan mengembangkan format RPPsecara mandiri untuk sebesar-besar keberhasilan belajar murid .
  • Adapun RPP yang  telah dibuat dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan denagn ketentuan sebagaimana dimaksud angka 1,2 dan 3.
Membaca edaran tersebut penulis menyimpulkan  :
  • Prinsip Penyusunan RPP yang ada di Permendikbud nomor 22 Tahun  2016  ada 8, menjadi 3 yaitu efektif, efesien dan berorientasi pada murid
  • Komponen RPP yang  ada di permendikbud nomor 22 Tahun  2016 ada 13,  menjadi 3 yaitu  : Tujuan Pembelajaran, Langkah-langkah pembelajaran dan Penilaian pembelajaran.
  • RPP bisa lebih dari satu lembar  sesuai model pembelajaran yang kita inginkan .
  • Mengenai muatan yang terdapat dalam Silabus tidak  ada perubahan
Dengan kesimpulan diatas akhirnya timbul pertanyaan :
  • Mengapa istilah peserta didik berubah menjadi  murid? Padahal selama ini dalam permendikbud selalu  menyebut  anak -- anak yang  sedang belajar pada jenjang tertentu adalah peserta didik
  • Apakah cukup dengan edaran ini kah program  sudah berpayung hukum?
  • Mulai kapankah program ini  bisa dijalankan ?Pertanyaan tinggal pertanyaan, kita tunggu dulu Permendikbud terbaru  secara resminya keluar baru semua itu bisa kita jalankan programnya. Karena menyimak dari perubahan permendikbud yang terdahulu, selalu keluar permendibud terbaru untuk merubah peraturan. Bukannya begitu?
Jika Permendikbud terbaru sudah di undangkan mulailah kita beraksi, jadi biasakan  bertindak dengan payung hukum yang sudah pasti  kita pahami. Penulis juga banyak melihat antusisme para guru mau mendowload bentuk RPP satu lebar untuk jenjang yang diinginkan.( dalam kolom komentar di media sosial yang diikuti oleh penulis).  Kadang kadang  hanya mengikuti trend tanpa  membaca keseluruhan, hanya ikut --ikutan jempol, hanya ikut ikutan yess, padahal "kadang"  pada kenyataannya RPP yang dibuat  tinggal "ganti nama". (Ini berdasarkan pengalaman di sekitar) . Dan Semoga RPP yang simpel ini nanti adalah karya guru yang  melaksanakan pembelajaran itu sendiri. berikut link RPP 1 lembar :
RPP 1 Halaman SMP Revisi 2020 
  1. RPP 1 Halaman Bahasa Inggris https://bit.ly/2uFjZwV
  2. RPP 1 Halaman Bahasa Indonesia https://bit.ly/380qTLK
  3. RPP 1 Halaman MTK https://bit.ly/2tQJP0z
  4. RPP 1 Halaman IPA https://bit.ly/2FEGa8T
  5. RPP 1 Halaman IPS https://bit.ly/35MiXw2
  6. RPP 1 Halaman PKN https://bit.ly/2TcOJQh
  7. RPP 1 Halaman PJOK https://bit.ly/35IPnaz
  8. RPP 1 Halaman PAI https://bit.ly/2uCHRkJ
  9. RPP 1 Halaman Seni Budaya https://bit.ly/30iz8zZ

  • RPP 1 Halaman Jenjang SD 
  • RPP 1 Halaman Kelas 1https://bit.ly/2MwaNRH
  • RPP 1 Halaman Kelas 2 https://bit.ly/2StkWlT
  • RPP 1 Halaman Kelas 3 https://bit.ly/2Qki48l
  • RPP 1 Halaman Kelas 4 https://bit.ly/39f69RQ
  • RPP 1 Halaman Kelas 5 https://bit.ly/34ZTGhw
  • RPP 1 Halaman Kelas 6 https://bit.ly/39fRhmd

Semoga guru menjadi agen perubahan secara maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

KUNCI PELATIHAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU DAN DOSEN SASARAN

 PELATIHAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU DAN DOSEN SASARAN  Berikut kami sampaikan kunci jawaban pelatihan Karya Tulis Ilmiah yang disele...